Blog Details

smart mining

Apa itu ESG? Carbon Footprints?

ESG adalah singkatan dari 3 kata Environment, Social, and Governance yang menjadi sebuah konsep pengukuran atas suatu organisasi/perusahaan dengan berdasarkan kepada ketiga elemen di atas. Dimana pengukuran tersebut digunakan oleh para stakeholders untuk menilai seberapa baik suatu perusahaan dalam ketiga hal tersebut yang pada akhirnya akan memiliki dampak terhadap penilaian investor, pemerintah, serta lembaga terkait.
Saat ini para ekonom, investor, aktivis lingkungan hidup, dan masyarakat umum membicarakan ESG sebagai gerakan dalam mendorong perusahaan untuk mulai memprioritaskan penerapan ESG secara berkesinambungan.
ESG merupakan inisiatif yang berasal dari kalangan swasta yang merespon desakan untuk menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.
Konsep, standar dan kriteria ESG semakin populer digunakan oleh para investor di tingkat regional hingga global, serta di tingkat nasional dengan diperkenalkannya Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance) bagi industri perbankan.
Perusahaan yang menjalankan konsep dan implementasi kriteria ESG telah menjadi pertimbangan dasar bagi para investor dalam melakukan pengambilan keputusan untuk berinvestasi atau tidaknya dalam suatu bisnis atau perusahaan.
Lantas, apakah ESG itu?
ESG merujuk pada tiga kriteria yang berhubungan erat dengan keberlangsungan perusahaan. Ketiga kriteria ini merupakan faktor sentral pengukuran dampak keberlanjutan dan etis dalam pengambilan keputusan dalam berinvestasi pada bisnis dan perusahaan tertentu.
  • Kriteria Lingkungan (Environment)
  • Kriteria Sosial (Social)
  • Kriteria Pengelolaan (Governance)
Salah satu turunan daripada ESG adalah Carbon Footprints

Carbon Footprints

Carbon footprint adalah total jumlah gas efek rumah kaca yang dihasilkan melalui semua aktivitas produksi, penggunaan produk atau jasa, termasuk semua penggunaan asset/equipment/facility baik secara langsung maupun tidak langsung. Termasuk di dalamnya karbondioksida – gas yang paling banyak dihasikan oleh manusia dan lainnya, termasuk methane, nitrous oxide, dan fluorinated gas, yang terperangkap di atmosfir udara, menyebabkan pemanasan global.

Bagaimana menghitung Carbon Footprints? Carbon Calculator

Perhitungan Carbon Footprints dalam kehidupan individu secara umum dapat dihitung sebagai berikut:
  • Seberapa sering dan seberapa jauh transportasi anda menggunakan mobil, bus, kereta, dan pesawat.
  • Konsumsi listrik di rumah
  • Aktivitas belanja
  • Konsumsi makanan
Tentu saja perhitungan Carbon Footprints rumah tangga berbeda dengan di Industri.

Leave A Comment